~~** INDAHNYA KEMAAFAN**~~

Bismillahirrahmaanirrahiim...
Assalamualaikum warahmatullahi wabrakatuh


Saudara2ku !! Putera Puteriku !!

Hidup kita ni terkadang sukar di duga kan.. Terkadang apa yg kita harapkan  bukan sesuatu yg ditakdirkan buat kita.. terkadang apa yg dielakkan, itulah rezeki dan taqdir kita.. Sememangnya amat berat untuk mengharunginya.. namun akan belajar untuk redho pada ketetapan Ar-Rahman ,insyaAllah ...  


Untuk memujuk diri..sering  mmonolog diri dgn kata2 Dr A'idh Abdullah Al-Qarni.." takdir hidup ini sudah tersedia  dan Taqdir itu tak akan berubah..mengapa harus beresdih?? " 

 Pun begitu dalam pergaulan.. terkadang.. tanpa kita harapkan hati kita disakiti.. dan terkadang tanpa kita sedari kita telah melukakan hati orang lain.. meskipun kedua-dua pihak cukup berhati-hati..dan tidak berniatpun untuk itu..terkadang bahagia ukhuwwah hanya dirasai mekarnya diawal pertemuan ..  


Tika berbicara, kita bisa saja menyentuh hati orang yang mendengar.. 
dalam menulis ,kita bisa menyentuh hati orang yang membaca tulisan kita.. 
dalam DIAM  pun ,bisa membuatkan teman  terasa hati.. 


Smemangnya persepsi manusia berbeza.. dan sebagai manusia lemah kita sememangnya tidak mampu membaca apa yang ada di fikran orang lain..lebih2 lagi apa yang tertsirat di hatinya.. 


Jika sesuatu kita fikir secara positif.. insya Allah akan bernatijahkan positif ..jika di tanggapi secara negatif boleh membawa kpd negatif..


Semoga kita sentiasa melihat dan menilai secara positif walaupun realitynya terlalu mencabar..


Oleh itu, dengan rendah hati.. hamba Allah yang dhoif ini memohon maaf kepada semua  saudara2 , teman2 di luar sana.. putera2..puteri2 tersayang lillah fillah.. pengunjung2  misteri yg setia .. di atas kesalahan maupun kekhilafan yang tak tersengaja   samaada lewat tinta maupun sikap  penulis.. penulis hanya hamba Allah yg hina ..kerdil dan banyak kelemahan..

Untuk paparan kali ini.. penulis kongsikan entry yang amat berguna buat kita semua.. Semoga dgn saling memaafi,  laluan kita untuk menyambut bulan mubarak , Romadhan lebih mudah dan diberkati.. Salam Ukhuwwah yang berpanjangan.. MAAF  ZAHIR DAN BATHIN.. 

~~~~~~~~~~~~~~********~~~~~~~~~~~~~~


iNDAH nya  mEMAAFKAN...
by : BERANDA KITA

Seringkali terjadi seseorang merasa berat memaafkan kesalahan orang lain. Apalagi bila orang tersebut meninggalkan bekas luka yang terasa menyakitkan. Luka yang kadang mengaga menimbulkan duka yang mendalam. Luka yang sulit untuk dilupakan..






Semakin besar kesalahan semakin perih luka semakin sulit dilupakan bahkan seringkali tanpa disadari menimbulkan dendam.

Allah mengajarkan kita untuk memaafkan. Memaafkan adalah obat yang paling mujarab untuk menyembuhkan luka. Obat yang paling ampuh untuk menghilangkan kebencian dan dendam. Cara termudah untuk bisa memaafkan seseorang adalah dengan mengingat kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan orang lain pada kita.

Obat terampuh untuk mengobati hati adalah dengan mengingat kebaikan orang lain dan mengubur kebaikan-kebaikan yang pernah kita lakukan. Dengan begitu kita tidak akan sempat melihat keburukan-keburukannya. Kebaikan-kebaikan nya akan menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang.

Secara psikologi ,orang yang memaafkan lebih beruntung dari orang yang dimaafkan. Hati yang penuh maaf akan menjadi bersih dan bersinar, karena di dalam dadanya tidak ada tersimpan kebencian dan kekotoran jiwa serta penyakit hati, yang seringkali menimbulkan penyakit-penyakit lainnya. Hati yang terbebas dari dendam dan kebencian.... Hati yang didalamnya penuh rasa syukur... Hati yang tidak membiarkan tumbuhnya benih-benih kebencian.

Hati yang selalu terpaut dan selalu tertarik untuk selalu melakukan kebaikan. Kebaikan yang akan menarik kebaikan lainnya. Yang dengannya hati menjadi lebih bersinar, bening dan suci.Alangkah indahnya.

Memaafkan mungkin amat berat untuk diberikan kepada orang yang pernah melukai hati kita. Tetapi hanya dengan memaafkan kita akan dapat mengobati hati yang telah terluka. maaf yang diberikan secara ikhlas bagaikan pisau bedah yang membuang segala parut luka emosi

Orang yang hatinya bersinar tidak akan membiarkan dihatinya tumbuh dendam. Orang yang hatinya bersih tidak akan membiarkan dihatinya timbul noda-noda yang menurunkan kualiti dirinya dimata Allah dan di mata manusia. Orang yang menuju jalan Tuhan dan redha Ilahi, jiwanya akan diisi dengan hal-hal yang membuatnya lupa akan keburukan-keburukan orang lain.

Memang memaafkan lebih sulit daripada meminta maaf, justru disitulah kemuliaan diri seseorang diperlihatkan. Orang yang dihatinya menyimpan dendam tanpa dia sadari sebenarnya secara pelan-pelan menghancurkan dirinya sendiri. Secara pelan-pelan dia mengotori jiwanya yang tadinya bersih. Orang yang menyimpan dendam bagaikan menyimpan bara di dalam dada, yang akhirnya membakar diri nya sendiri. Orang yang membiarkan di dalam dirinya berkembang kebencian dan dendam adalah orang yang tidak bisa menikmati arti kebahagian. Orang yang tidak dapat menikmati indahnya kebeningan jiwa. Orang yang tidak bisa menikmati indahnya kehidupan.

Dendam dan kebencian tidak akan pernah bisa bersatu dengan hati yang bersih dan jiwa yang suci. Salah satu darinya akan mengalahkan yang lainnya. Begitu kebencian memenangkan pertarungan dalam jiwa dan tumbuh dengan subur , itulah tandanya hati kita sudah mulai ditumbuhi kekotoran jiwa dan bila itu dibiarkan berkembang jadilah dia ‘hati yang sakit’ . Bila hati yang sakit tidak segera diobati maka jadilah dia ‘hati yang mati’. Hati yang akhirnya tidak bisa menerima kebenaran. Hati yang tidak dapat membezakan yang baik dan yang buruk.

Adakalanya kita merasakan himpitan perasaan yang sangat menyesakkan. Bila tidak bisa diatasi sendiri boleh saja mencari teman yang bisa dijadikan tempat berkongsi rasa. Tapi carilah teman yang bisa menenangkan dan mendinginkan suasana hati, bukan teman yang justru membakar emosi dalam dada. Bukan teman yang justru membuat dada semakin panas. Namun teman yang bisa merubah panas menjadi menyejukkan. Teman yang bisa merubah tangis menjadi tawa.

Belajar memaafkan adalah salah satu terapi penyakit hati. Begitu kita memaafkan dan bisa menerimanya , maka beban jiwa semakin berkurang, luka yang tadinya menganga semakin menyempit dan akhirnya menutup . Dan bila benci dan dendam telah hilang sama sekali dari hati , maka jiwa semakin bening, hati semakin bersih, hidup semakin tentram semua terasa indah , jiwa dan fisik semakin sehat . Dengan begitu kita semakin mudah untuk merasakan indahnya hidup, nikmatnya bersyukur dan nikmatnya kasih sayang dengan sesama. Dan hatipun menjadi ikhlas.

Dengan memaafkan keadaan bisa berubah 180 darjah , orang yang tadinya musuh berubah menjadi sahabat yang terbaik. Hal yang pertama yang dapat kita lakukan ketika merasakan sakit di hati, adalah ketika kita berdoa dan memohon kekuatan Nya, seraya berkata ,

 ‘Ya Allah , hamba telah memaafkannya, sembuhkanlah hamba Ya Rabbi, jangan biarkan hati ini kotor karena perbuatan orang lain. Jangan biarkan hati ini ternoda; Izinkanlah hamba memiliki dan menikmati indahnya kebeningan jiwa, Izinkan hamba merasakan indahnya kemulian-MU . Karena hanya Ridha- Mu lah Ya Allah yang hamba harapkan’ . 


rasakanlah bezanya..saat itu juga hati akan terasa sejuk dan lapang. Karena kita tidak membiarkan terbukanya pintu-pintu syaitan untuk masuknya sesuatu yang buruk. Tidak membiarkan hati ternoda. Tidak membiarkan jiwa tercemar kebencian. ....InsyaAllah.


Membalas kebaikan dengan kejahatan adalah perangai yang serendah-rendahnya. Membalas kejahatan dengan kejahatan, bukanlah berperikemanusiaan. Membalas kebaikan dengan kebaikan adalah hal biasa. Membalas kejahatan dengan kebaikan adalah cita-cita kemanusiaan yang setinggi -tingginya. Kita harus sanggup hidup untuk meraih cita-cita itu terus tumbuh dan tumbuh...

Kasih sayang dan kekerasan selalu berperang di hati manusia seperti malapetaka yang berperang di langit malam yang pekat. Tetapi kasih sayang selalu dapat mengalahkan kekerasan. Karena kasih sayang adalah anugerah Ilahi....

Wallahu a’lam bishawwab

Ulasan

Catatan Popular